Fungsi Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Pertanahan : Studi Desa Alebo Kecamatan Konda

Authors

  • Saidin Saidin Universitas Halu Oleo
  • Astri Mardini Wati Universitas Halu Oleo
  • Rekha Adji Pratama Program Studi Ilmu Pemerintahan, Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.52423/pamarenda.v4i1.7

Keywords:

Fungsi Pemerintah Desa, Kualitas Pelayanan, Administrasi Pertanahan, Desa Alebo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi fungsi pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi pertanahan di Desa Alebo, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan serta langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah desa dalam mengatasi masalah terkait pelayanan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerintah desa telah berusaha menjalankan fungsi dan tanggung jawabnya dalam melayani masyarakat dalam administrasi pertanahan. Namun, terdapat beberapa kendala seperti ketidakberfungsian kantor desa, pelayanan yang belum optimal atau lambat, masalah dalam pengukuran tanah, serta rendahnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya administrasi pertanahan. Meskipun demikian, pelayanan tetap dilakukan di rumah kepala desa atau sekretaris desa. Untuk mengatasi kendala tersebut, pemerintah desa berupaya mempercepat proses pelayanan dan mengaktifkan kembali kantor desa agar pelayanan terpusat dan lebih fokus. Penyelesaian masalah pertanahan dilakukan secara damai tanpa melibatkan ranah hukum, serta pemerintah desa mengadakan sosialisasi dua kali sebulan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya dokumen pertanahan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa fungsi pemerintah desa belum berjalan maksimal akibat keterbatasan sarana dan prasarana serta kualitas pelayanan yang masih perlu ditingkatkan.

References

Buntoro, G. (2024). Pemanfaatan website desa dan layanan mandiri sebagai upaya pelayanan publik masyarakat desa Tugu. Jurnal PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(1), 39. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i1.21020

Haerani, R., & Repelita, R. (2020). Pelatihan penggunaan aplikasi Microsoft Office dalam meningkatkan pelayanan administrasi bagi pegawai kantor desa Harjatani Kramatwatu Serang-Banten. Minda Baharu, 4(2), 68. https://doi.org/10.33373/jmb.v4i2.2692

Haris, M. (2023). Smart village application untuk meningkatkan pelayanan publik pemerintah desa Katonsari Kabupaten Demak. Losari Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 84-89. https://doi.org/10.53860/losari.v5i2.161

Herfandi, H., Ramdani, E., Dwiasnati, S., Irawan, A., & Sukarna, R. (2022). Penerapan self-service technology pada aplikasi pelayanan penduduk desa Labuhan Sumbawa. Format Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 11(1), 91. https://doi.org/10.22441/10.22441/format.2022.v11.i1.010

Insari, R. (2022). Strategi peningkatan kualitas pendidikan masyarakat desa Suak Puntong. Journal of Government (Kajian Manajemen Pemerintahan dan Otonomi Daerah), 8(1). https://doi.org/10.52447/gov.v8i1.5971

Mahendra, Y. (2023). Rancang bangun sistem informasi kependudukan dan pelayanan masyarakat desa Sopet Kec. Jangkar Kab. Situbondo. Journal Information System Development (ISD), 8(2), 87-91. https://doi.org/10.19166/isd.v8i2.647

Natasya, N. (2023). Rancang bangun aplikasi sistem pelayanan administrasi kependudukan berbasis web (Studi Kasus: Desa Kwala Begumit). Intecoms Journal of Information Technology and Computer Science, 6(2), 1258-1263. https://doi.org/10.31539/intecoms.v6i2.8393

Romadhon, A. (2023). Rancang bangun sistem informasi layanan administrasi desa berbasis web di Desa Dukuh. Jipi (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 8(2), 514-524. https://doi.org/10.29100/jipi.v8i2.3553

Safitri, S., Cikusin, Y., & Hayat, H. (2022). Upaya pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(5), 784-792. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i5.582

Saidin, S., & Rinanda, W. W. (2022). Transparansi Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Di Desa Wawoone, Kecamatan Wonggeduku, Konawe. NeoRespublica: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(1), 178-190.

Santati, P., Kartasari, S., & Meitisari, N. (2022). Peningkatan kapabilitas perangkat desa melalui pelatihan pelaksanaan administrasi pemerintahan Desa Ulak Kembahang II Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 5(3), 1013-1020. https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i3.4305

Wulandari, R. (2024). Pelatihan pengelolaan dokumen bagi pegawai di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 267-275. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.1918

Downloads

Published

2024-07-05

How to Cite

Saidin, S., Wati, A. M., & Pratama, R. A. (2024). Fungsi Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Pertanahan : Studi Desa Alebo Kecamatan Konda. PAMARENDA : Public Administration and Government Journal, 4(1), 63–74. https://doi.org/10.52423/pamarenda.v4i1.7

Issue

Section

Articles