Fungsi Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Pertanahan : Studi Desa Alebo Kecamatan Konda
DOI:
https://doi.org/10.52423/pamarenda.v4i1.7Keywords:
Fungsi Pemerintah Desa, Kualitas Pelayanan, Administrasi Pertanahan, Desa AleboAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi fungsi pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi pertanahan di Desa Alebo, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan serta langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah desa dalam mengatasi masalah terkait pelayanan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerintah desa telah berusaha menjalankan fungsi dan tanggung jawabnya dalam melayani masyarakat dalam administrasi pertanahan. Namun, terdapat beberapa kendala seperti ketidakberfungsian kantor desa, pelayanan yang belum optimal atau lambat, masalah dalam pengukuran tanah, serta rendahnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya administrasi pertanahan. Meskipun demikian, pelayanan tetap dilakukan di rumah kepala desa atau sekretaris desa. Untuk mengatasi kendala tersebut, pemerintah desa berupaya mempercepat proses pelayanan dan mengaktifkan kembali kantor desa agar pelayanan terpusat dan lebih fokus. Penyelesaian masalah pertanahan dilakukan secara damai tanpa melibatkan ranah hukum, serta pemerintah desa mengadakan sosialisasi dua kali sebulan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya dokumen pertanahan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa fungsi pemerintah desa belum berjalan maksimal akibat keterbatasan sarana dan prasarana serta kualitas pelayanan yang masih perlu ditingkatkan.
References
Buntoro, G. (2024). Pemanfaatan website desa dan layanan mandiri sebagai upaya pelayanan publik masyarakat desa Tugu. Jurnal PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(1), 39. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i1.21020
Haerani, R., & Repelita, R. (2020). Pelatihan penggunaan aplikasi Microsoft Office dalam meningkatkan pelayanan administrasi bagi pegawai kantor desa Harjatani Kramatwatu Serang-Banten. Minda Baharu, 4(2), 68. https://doi.org/10.33373/jmb.v4i2.2692
Haris, M. (2023). Smart village application untuk meningkatkan pelayanan publik pemerintah desa Katonsari Kabupaten Demak. Losari Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 84-89. https://doi.org/10.53860/losari.v5i2.161
Herfandi, H., Ramdani, E., Dwiasnati, S., Irawan, A., & Sukarna, R. (2022). Penerapan self-service technology pada aplikasi pelayanan penduduk desa Labuhan Sumbawa. Format Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 11(1), 91. https://doi.org/10.22441/10.22441/format.2022.v11.i1.010
Insari, R. (2022). Strategi peningkatan kualitas pendidikan masyarakat desa Suak Puntong. Journal of Government (Kajian Manajemen Pemerintahan dan Otonomi Daerah), 8(1). https://doi.org/10.52447/gov.v8i1.5971
Mahendra, Y. (2023). Rancang bangun sistem informasi kependudukan dan pelayanan masyarakat desa Sopet Kec. Jangkar Kab. Situbondo. Journal Information System Development (ISD), 8(2), 87-91. https://doi.org/10.19166/isd.v8i2.647
Natasya, N. (2023). Rancang bangun aplikasi sistem pelayanan administrasi kependudukan berbasis web (Studi Kasus: Desa Kwala Begumit). Intecoms Journal of Information Technology and Computer Science, 6(2), 1258-1263. https://doi.org/10.31539/intecoms.v6i2.8393
Romadhon, A. (2023). Rancang bangun sistem informasi layanan administrasi desa berbasis web di Desa Dukuh. Jipi (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 8(2), 514-524. https://doi.org/10.29100/jipi.v8i2.3553
Safitri, S., Cikusin, Y., & Hayat, H. (2022). Upaya pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(5), 784-792. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i5.582
Saidin, S., & Rinanda, W. W. (2022). Transparansi Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Di Desa Wawoone, Kecamatan Wonggeduku, Konawe. NeoRespublica: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(1), 178-190.
Santati, P., Kartasari, S., & Meitisari, N. (2022). Peningkatan kapabilitas perangkat desa melalui pelatihan pelaksanaan administrasi pemerintahan Desa Ulak Kembahang II Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 5(3), 1013-1020. https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i3.4305
Wulandari, R. (2024). Pelatihan pengelolaan dokumen bagi pegawai di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 267-275. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.1918
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.