Tipologi Inovasi dalam Layanan Publik : Implementasi dan Tantangan Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Sinjai

Authors

  • Megawati Megawati Universitas Hasanuddin
  • Badu Ahmad Universitas Hasanuddin
  • Muhammad Rusdi Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.52423/pamarenda.v4i2.50

Keywords:

efisiensi pelayanan, transformasi digital, inovasi kebijakan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi inovasi pada Mall Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Sinjai berdasarkan lima tipologi inovasi: produk/layanan, proses pelayanan, metode pelayanan, kebijakan, dan sistem. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk di MPP Sinjai meliputi digitalisasi layanan, seperti aplikasi mobile, sistem antrian berbasis teknologi, dan kios interaktif, telah mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan publik sekaligus meningkatkan kenyamanan dengan fasilitas tambahan. Dalam aspek proses, digitalisasi alur kerja berhasil meningkatkan efisiensi dan transparansi. Pada metode pelayanan, pendekatan layanan satu atap memungkinkan integrasi berbagai layanan publik dalam satu lokasi, sementara aplikasi elektronik memperluas jangkauan layanan. Kebijakan inovatif mendukung transparansi dan inklusivitas, memastikan akses bagi kelompok rentan. Keberhasilan inovasi sistem di MPP Sinjai tercermin dari integrasi layanan antar instansi melalui teknologi digital yang mempercepat alur kerja dan meningkatkan partisipasi publik. Namun, koordinasi antarinstansi dan hambatan budaya organisasi masih memerlukan perhatian lebih lanjut. Penelitian mendatang dapat mengeksplorasi dampak inovasi ini terhadap kepuasan masyarakat, strategi mengatasi kesenjangan digital, dan studi komparatif dengan MPP di wilayah lain guna memahami praktik terbaik dan tantangan serupa.

References

Abdullah, M. T., Supriyono, B., Muluk, M. . K., & Tjahjanulin, T. (2017). Innovation Typology of the Local Government in Educational Affairs. Bisnis & Birokrasi Journal, 23(2). https://doi.org/10.20476/jbb.v23i2.9003

Ancok, D. (2012). Kepemimpinan dan Inovasi. Jakarta: Erlangga.

Ariyani, A., Mindarti, L. I., & Nuh, M. (2016). Inovasi Pelayanan Publik (Studi pada Pelayanan Kesehatan Melalui Program Gebrakan Suami Siaga di Puskesmas Gucialit Kabupaten Lumajang). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 2(4), 156–161. https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2016.002.04.4

Datamora, S., & Malau, H. (2020). Penyelengaraan Mal Pelayanan Publik Untuk Masyarakat Di Kota Padang. In Jurnal Manajemen dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP). https://doi.org/10.24036/jmiap.v1i4.68

Dhanny, F. (2023). Penerapan Prinsip Partisipasi, Akuntabilitas, Transparansi, dan Efektifitas &Efisiensi dalam Pelayanan Publik Di Mal Pelayanan Publik Kota Payakumbuh Tahun … (Universitas Andalas). Universitas Andalas. Retrieved from http://scholar.unand.ac.id/208806/

Dwiyanto, A. (2021). Reformasi birokrasi publik di Indonesia. Retrieved from https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=vTMXEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=etika+birokrasi+dalam+pelayanan+publik&ots=vQ1HNNKzua&sig=0MkwXh6UnUeC5vgzRmQnls9X028

Ebbers, W. E., Jansen, M. G. M., & van Deursen, A. J. A. M. (2016). Impact of the digital divide on e-government: Expanding from channel choice to channel usage. Government Information Quarterly, 33(4), 685–692. https://doi.org/10.1016/j.giq.2016.08.007

Efendi, M. M. R. K. (2023). Inovasi Pelayanan Publik Pada Mall Pelayanan Publik Kabupaten Gresik (Bagian Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu). 3(3), 1–23.

Harrison, R., Jaumandreu, J., Mairesse, J., & Peters, B. (2008). Does Innovation Stimulate employent a firm-level.

Helsper, E. J., & Reisdorf, B. C. (2017). The emergence of a “digital underclass” in Great Britain and Sweden: Changing reasons for digital exclusion. New Media and Society, 19(8), 1253–1270. https://doi.org/10.1177/1461444816634676

Heriyanto, H. (2022). Urgensi Penerapan E-Government Dalam Pelayanan Publik. Musamus Journal of Public Administration, 4(2), 066–075. https://doi.org/10.35724/mjpa.v4i2.4128

Irawan, B., & Hidayat, M. N. (2012). E-government : konsep, esensi dan studi kasus. 15–31.

Lestari, P. A., Tasyah, A., Syofira, A., Rahmayani, C. A., Cahyani, R. D., & Tresiana, N. (2021). Digital-Based Public Service Innovation (E-Government) in the Covid-19 Pandemic Era. Jurnal Ilmu Administrasi : Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 18(2), 212–224.

Lynn, T., Rosati, P., Conway, E., Curran, D., Fox, G., & O’Gorman, C. (2022). Digital Public Services. In Digital Towns (pp. 49–68). https://doi.org/10.1007/978-3-030-91247-5_3

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2009). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.

Mulgan, G., & Albury, D. (2003). Innovation in the public sector. London: Strategy Unit.

Muluk, K. (2008). Knowledge Management : Kunci Sukses Inovasi Pemerintahan Daerah. In BayuMedia.

Muluk, M. R. K., Pratama, M. R., & Muzaqi, A. H. (2021). The Landscape of Inclusive Public Service Innovation in Indonesian Local Government. Proceedings of the 3rd Annual International Conference on Public and Business Administration (AICoBPA 2020), 191. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.210928.090

Najib, M., Fahma, F., Abror, A., & Suhartanto, D. (2022). Organizational Capability, Market Perspective, and Green Innovation Adoption: Insight From Indonesian Food Processing Small and Medium-Sized Enterprises. Journal of Small Business Strategy, 32(2), 51–66. https://doi.org/10.53703/001c.32293

Osborne, S. P., & Brown, L. (2011). Innovation in public services: Engaging with risk. Public Money and Management, 31(1), 4–6. https://doi.org/10.1080/09540962.2011.545532

Rahayu, N. W. I., Supena, S. H., Nurhayati, S., Irawan, B., & Hidayat. (2023). Implementing E-Planning System in Local Government Decision-Making: a Case Study in Indonesia. CosmoGov: Jurnal …. Retrieved from http://journal.unpad.ac.id/cosmogov/article/view/45776

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations, 5th Edition.

Singh, M. P., & Mishra, S. N. (2017). Ethics, Probity and Accountability in Public Services. New Delhi: Indian Institute of Public Administration.

Suhaeman, I., Haerana, H., & Riskasari, R. (2022). Inovasi Pelayanan Berbasis Online Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sinjai. Jurnal Administrasi Publik, 13(1). https://doi.org/10.31506/jap.v13i1.15395

Taufiqurokhman, T., Satispi, E., Andriansyah, A., Murod, M., & Sulastri, E. (2024). The impact of e-service quality on public trust and public satisfaction in e-government public services. International Journal of Data and Network Science, 8(2), 765–772. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2024.1.002

Tawai, A., Komba, S., & Merrylin, M. (2022). Quality of Public Service One-Stop Administration System Southeast Sulawesi Province. International Journal of Multidisciplinary Research and Analysis, 05(08). https://doi.org/10.47191/ijmra/v5-i8-28

Weerakkody, V., Kapoor, K., Balta, M. E., Irani, Z., & Dwivedi, Y. K. (2017). Factors influencing user acceptance of public sector big open data. Production Planning and Control, 28(11–12), 891–905. https://doi.org/10.1080/09537287.2017.1336802

Wulansari, R. (2019). Peningkatan Partisipasi Warga Negara Dalam Pelayanan Publik Melalui Pemanfaatan Laman Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor!) Di Kota Bandung. 1–23. Retrieved from https://core.ac.uk/reader/199660130%0Ahttp://repository.upi.edu/id/eprint/35191

Yunaningsih, A., Indah, D., & Septiawan, F. E. (2021). Upaya Meningkatkan Kualitas Layanan Publik Melalui Digitalisasi. Altasia : Jurnal Pariwisata Indonesia, 3(1), 9–16. https://doi.org/10.37253/altasia.v3i1.4336

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Megawati, M., Ahmad, B., & Rusdi, M. (2024). Tipologi Inovasi dalam Layanan Publik : Implementasi dan Tantangan Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Sinjai. PAMARENDA : Public Administration and Government Journal, 4(2), 332–346. https://doi.org/10.52423/pamarenda.v4i2.50