Implementasi E-Government Aplikasi PLN Mobile di PT PLN (Persero) ULP Raha : Analisis Tematik Menggunakan NVivo
DOI:
https://doi.org/10.52423/pamarenda.v4i1.5Keywords:
Aplikasi PLN Mobile, E-government, Analisis tematik, NVivo 20 R1.2Abstract
Penelitian ini menganalisis implementasi aplikasi PLN Mobile di PT PLN (Persero) ULP Raha menggunakan metode analisis tematik dengan bantuan perangkat lunak NVivo 20 R1.2. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tema, pola, dan hubungan dalam data yang dikumpulkan dari wawancara dengan berbagai pemangku kepentingan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelatihan merupakan komponen utama dalam kategori publikasi, sementara informasi pemadaman dan fitur pengaduan penting dalam kategori interaksi. Dalam kategori transaksi, kemudahan pembelian dan pembayaran listrik secara online menjadi fitur yang sangat relevan bagi pelanggan. Studi ini menyoroti pentingnya edukasi dan partisipasi pengguna dalam keberhasilan implementasi aplikasi e-government seperti PLN Mobile. Namun, keterbatasan studi ini mencakup cakupan wilayah yang terbatas dan sampel wawancara yang mungkin tidak representatif. Implikasi bagi penelitian selanjutnya termasuk perluasan sampel, diversifikasi metode penelitian, dan pengembangan fitur aplikasi yang lebih responsif terhadap kebutuhan pengguna.
References
Aditya, M. (2019). Analisis Penerimaan Pelanggan Terhadap Aplikasi Pln Mobile dengan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Jusitik Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Komunikasi, 3(1), 37. https://doi.org/10.32524/jusitik.v3i1.663
Alam, S., Al Putra, F., & La Ode Mustafa, R. (2022). Strategi Pembangunan Ilmu Pengetahuan, Teknologi Dan Inovasi Daerah Di Sulawesi Tenggara. Journal Publicuho, 5(4), 1277-1293. https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i4.80
Al-Azizi, L., Al‐Badi, A., & Al-Zrafi, T. (2018). Exploring the factors influencing employees’ willingness to use mobile applications in oman: using utaut model. Journal of E-Government Studies and Best Practices, 2018, 1-27. https://doi.org/10.5171/2018.553293
Chesanti, P. and Setyorini, R. (2018). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan Sebagai Pengguna Aplikasi PLN Mobile. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), 10-17. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i1.11064
Firdaus, M., Irwansyah, I., & Djaja, K. (2016). Mobile apps as government communication media in urban public services: case study – the usage of qlue application by jakarta provincial government. https://doi.org/10.2495/sdp160351
Gusni, F. (2023). Analisis kepuasan pengguna akhir pln mobile menggunakan metode eucs (end user computing satisfaction). Prosiding Seminar Nasional Inovasi Dan Adopsi Teknologi (Inotek), 3(1), 60-71. https://doi.org/10.35969/inotek.v3i1.302
Ifaldiansyah, M. (2023). Efektivitas Program Pemasangan Listrik Baru Menggunakan Aplikasi Pln Mobile Di Wilayah Kerja Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (Up3) Surabaya selatan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (Jisip), 12(3), 347-354. https://doi.org/10.33366/jisip.v12i3.2684
Indrajid, Richardus Eko. (2004). Electronic Government (Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital). Yogyakarta: Penerbit ANDI
Moleong, L. (2010). Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Prasetyo, B. H., & Anubhakti, D. (2011). Kajian Penerimaan Sistem E-Learning Dengan Menggunakan Pendekatan UTAUT Studi Kasus Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur. Jurnal BIT, 8(2), 45-47.
Sudirman, F. A., & Saidin, S. (2022). E-Government and Sustainable Development: Systematic Literature Review. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 21(1), 44–58. https://doi.org/10.35967/njip.v21i1.269
Sudirman, F. A., Sari, E. I., & Abdullah, A. (2022). Penerapan E-Planning dalam Perencanaan Pembangunan Daerah di Kota Kendari : Kontribusi untuk SDGs. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 3(2), 174. https://doi.org/10.52423/neores.v3i2.25500
Syafrizal, S. (2023). Analisis sentimen ulasan aplikasi pln mobile menggunakan algoritma naïve bayes classifier dan k-nearest neighbor. Malcom Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 4(1), 10-19. https://doi.org/10.57152/malcom.v4i1.983
Tambunan, H. and Hapsari, T. (2021). Analisis Opini Pengguna Aplikasi New Pln Mobile Menggunakan Text Mining. Petir, 15(1), 121-134. https://doi.org/10.33322/petir.v15i1.1352
Umar, A. (2024). Study On The Usage Behavior of PLN Mobile Application Using UTAUT 2 Model Among PLN Customers In North Sulawesi, Central Sulawesi, And Gorontalo. International Journal of Social Science and Human Research, 07(03). https://doi.org/10.47191/ijsshr/v7-i03-41
Yulistiar, F. (2024). Evaluation of Customer Service Through PLN Mobile Application In The Framework of Electronic Government Maturity Model In Sidoarjo Customer Service Implementation Unit. Journal La Sociale, 5(4), 971-987. https://doi.org/10.37899/journal-la-sociale.v5i4.1226
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.