Responsivitas Tenaga Pendidik Terhadap Penyusunan Kebijakan Surat Edaran Pedoman Etika Artificial Intelligence

Authors

  • Ismi Adnin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sapriya Sapriya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rahmat Rahmat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Abhi Rachma Ramadhan SMP Negeri 44 Palembang
  • Juwita Juwita Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52423/pamarenda.v4i2.32

Keywords:

Etika, Kebijakan, Kecerdasan Buatan, Pedoman

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengkaji responsivitas tenaga pendidik dalam menyikapi penyusunan kebijakan pedoman etika penggunaan kecerdasan buatan (AI). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan yuridis empiris dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dan sampel dalam kajian ini terdiri dari tiga orang tenaga pendidik, terutama yang mengajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMP Negeri 44 Palembang. Data yang diperoleh dianalisis secara sistematis dengan memadukan fakta-fakta yang ada dengan teori-teori hukum positif yang berlaku di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan yang mengatur etika penggunaan AI, khususnya di bidang pendidikan bagi peserta didik, sangat diperlukan. Banyaknya penyalahgunaan yang terjadi, termasuk masalah terkait data dan pedoman penggunaannya, menegaskan perlunya kebijakan yang mencakup kebutuhan dan kondisi terkini.

References

Adnin, I., Nuriyani, R., Ramadhan, A. R., & Damayanti, S. (2023). Analisis Implikasi Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran PKn. Educatio, 18(2), 304–314. https://doi.org/10.29408/edc.v18i2.24310

Adnin, I., & Sapriya. (2024). The Urgency Of Implementing Artificial Intelligence -Based Project Learning In The 21st Century. International Student Conference on Business, Education, Economics, Accounting, and Management (ISC-BEAM), 369–377.

Ali, M., & Erihadiana, M. (2021). Manajemen Sumberdaya Manusia Dalam Pengembangan Kompetensi Guru. Thawalib | Jurnal Kependidikan Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.54150/thawalib.v2i1.6

Amala, Y., Thohir, M., Reditiya, V. E., Intan, N., & Sari, P. (2023). Refleksi Mahasiswa dalam Berkeadaban Digital melalui ChatGPT Pendahuluan Perkembangan zaman yang semakin maju membuat setiap orang harus mampu mengikuti dan menguasai berbagai bentuk teknologi . Salah satunya yakni Society 5 . 0 yang bertujuan untuk mempe. Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 13(2), 109–128. https://doi.org/10.33367/ji.v13i2.3798

Dewanto, R., Ramadhan, A. R., Firdaus, F. F., Mozrapa, E. S., & Hidayat, T. (2023). Menumbuhkan Sikap Karakter Kebangsaan Melalui Pendidikan Sejarah pada Era Disrupsi Abad-21. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(2), 343–350. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i2.1307

Gulson, K. N. (2022). Menata Ulang Globalisasi dan Pendidikan. Routledge.

Hasbullah, & Wahyono, S. (2020). BUDAYA PATERNALISTIK DALAM PERUMUSAN KEBIJAKAN PUBLIK (Mempertegas Integritas Perumus Kebijakan di Kabupaten Pamekasan). Jurnal Yustitia, 21(2). https://doi.org/10.53712/yustitia.v21i2.1016

Hidayanti, W., & Azmiyanti, R. (2023). Dampak Penggunaan Chat GPT pada Kompetensi Mahasiswa Akuntansi: Literature Review. Seminar Nasional Akuntansi Dan Call for Paper, 3(1), 83–91.

Maihani, S., Syalaisha, S. N., & Nur, T. M. (2023). Peran Kecerdasan Buatan Artificial Intelligence ( Ai ) Dalam Inovasi Pemasaran. 17, 1651–1661.

Marbun, T. O. (2023). The Implementation of Artificial Intelligence, Chatgpt, And Critical Thinking Method for Academic Endeavors at Theological Higher Education. Journal Didaskalia, 6(2), 84–100. https://doi.org/10.33856/didaskalia.v6i2.309

Nursanti, N. N. P., Handayani, H., Paramita, C., Tofanie, S., & Ramadhan, A. R. (2023). Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Digital Citizenship yang Kritis. Educatio, 18(1), 129–142. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.14054

Ramadhan, A. R., Nuriyani, R., Arpannudin, I., Putra, M. L. D., & Adnin, I. (2024). Dinamika Kewarganegaraan Liberal: Tantangan Global dan Masa Depan Hak Asasi Manusia. Ideas, 10(1). https://doi.org/10.32884/ideas.v10i1.1589

Saheb, T., & Saheb, T. (2023). Topical review of artificial intelligence national policies: A mixed method analysis. Technology in Society, 74.

Subiyantoro, S., Ekosusilo, M., Ismail, I., & ... (2023). Analysis of Teachers’ and Students’ Perceptions of Using Artificial Intelligence Chatbots in Higher Education. Cognitive …, 1(1), 1–9.

Timur, L. J. (2018). Median Improvisasi & Inovasi (Y. Hermawan, Ed.; 1st ed.). Sumber Inspirasi Pendidikan.

Downloads

Published

2024-11-06

How to Cite

Ismi Adnin, Sapriya, S., Rahmat, R., Abhi Rachma Ramadhan, & Juwita, J. (2024). Responsivitas Tenaga Pendidik Terhadap Penyusunan Kebijakan Surat Edaran Pedoman Etika Artificial Intelligence. PAMARENDA : Public Administration and Government Journal, 4(2), 296–302. https://doi.org/10.52423/pamarenda.v4i2.32