Responsivitas Tenaga Pendidik Terhadap Penyusunan Kebijakan Surat Edaran Pedoman Etika Artificial Intelligence
DOI:
https://doi.org/10.52423/pamarenda.v4i2.32Keywords:
Etika, Kebijakan, Kecerdasan Buatan, PedomanAbstract
Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengkaji responsivitas tenaga pendidik dalam menyikapi penyusunan kebijakan pedoman etika penggunaan kecerdasan buatan (AI). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan yuridis empiris dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dan sampel dalam kajian ini terdiri dari tiga orang tenaga pendidik, terutama yang mengajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMP Negeri 44 Palembang. Data yang diperoleh dianalisis secara sistematis dengan memadukan fakta-fakta yang ada dengan teori-teori hukum positif yang berlaku di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan yang mengatur etika penggunaan AI, khususnya di bidang pendidikan bagi peserta didik, sangat diperlukan. Banyaknya penyalahgunaan yang terjadi, termasuk masalah terkait data dan pedoman penggunaannya, menegaskan perlunya kebijakan yang mencakup kebutuhan dan kondisi terkini.
References
Adnin, I., Nuriyani, R., Ramadhan, A. R., & Damayanti, S. (2023). Analisis Implikasi Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran PKn. Educatio, 18(2), 304–314. https://doi.org/10.29408/edc.v18i2.24310
Adnin, I., & Sapriya. (2024). The Urgency Of Implementing Artificial Intelligence -Based Project Learning In The 21st Century. International Student Conference on Business, Education, Economics, Accounting, and Management (ISC-BEAM), 369–377.
Ali, M., & Erihadiana, M. (2021). Manajemen Sumberdaya Manusia Dalam Pengembangan Kompetensi Guru. Thawalib | Jurnal Kependidikan Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.54150/thawalib.v2i1.6
Amala, Y., Thohir, M., Reditiya, V. E., Intan, N., & Sari, P. (2023). Refleksi Mahasiswa dalam Berkeadaban Digital melalui ChatGPT Pendahuluan Perkembangan zaman yang semakin maju membuat setiap orang harus mampu mengikuti dan menguasai berbagai bentuk teknologi . Salah satunya yakni Society 5 . 0 yang bertujuan untuk mempe. Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 13(2), 109–128. https://doi.org/10.33367/ji.v13i2.3798
Dewanto, R., Ramadhan, A. R., Firdaus, F. F., Mozrapa, E. S., & Hidayat, T. (2023). Menumbuhkan Sikap Karakter Kebangsaan Melalui Pendidikan Sejarah pada Era Disrupsi Abad-21. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(2), 343–350. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i2.1307
Gulson, K. N. (2022). Menata Ulang Globalisasi dan Pendidikan. Routledge.
Hasbullah, & Wahyono, S. (2020). BUDAYA PATERNALISTIK DALAM PERUMUSAN KEBIJAKAN PUBLIK (Mempertegas Integritas Perumus Kebijakan di Kabupaten Pamekasan). Jurnal Yustitia, 21(2). https://doi.org/10.53712/yustitia.v21i2.1016
Hidayanti, W., & Azmiyanti, R. (2023). Dampak Penggunaan Chat GPT pada Kompetensi Mahasiswa Akuntansi: Literature Review. Seminar Nasional Akuntansi Dan Call for Paper, 3(1), 83–91.
Maihani, S., Syalaisha, S. N., & Nur, T. M. (2023). Peran Kecerdasan Buatan Artificial Intelligence ( Ai ) Dalam Inovasi Pemasaran. 17, 1651–1661.
Marbun, T. O. (2023). The Implementation of Artificial Intelligence, Chatgpt, And Critical Thinking Method for Academic Endeavors at Theological Higher Education. Journal Didaskalia, 6(2), 84–100. https://doi.org/10.33856/didaskalia.v6i2.309
Nursanti, N. N. P., Handayani, H., Paramita, C., Tofanie, S., & Ramadhan, A. R. (2023). Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Digital Citizenship yang Kritis. Educatio, 18(1), 129–142. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.14054
Ramadhan, A. R., Nuriyani, R., Arpannudin, I., Putra, M. L. D., & Adnin, I. (2024). Dinamika Kewarganegaraan Liberal: Tantangan Global dan Masa Depan Hak Asasi Manusia. Ideas, 10(1). https://doi.org/10.32884/ideas.v10i1.1589
Saheb, T., & Saheb, T. (2023). Topical review of artificial intelligence national policies: A mixed method analysis. Technology in Society, 74.
Subiyantoro, S., Ekosusilo, M., Ismail, I., & ... (2023). Analysis of Teachers’ and Students’ Perceptions of Using Artificial Intelligence Chatbots in Higher Education. Cognitive …, 1(1), 1–9.
Timur, L. J. (2018). Median Improvisasi & Inovasi (Y. Hermawan, Ed.; 1st ed.). Sumber Inspirasi Pendidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.