Analisis Kualitatif Pengembangan Layanan Unggulan Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Oputa Yi Koo Sulawesi Tenggara
DOI:
https://doi.org/10.52423/pamarenda.v4i2.31Keywords:
Layanan Unggulan, Pelayanan Kardiovaskuler, Rumah SakitAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis pengembangan layanan unggulan Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Oputa Yi Koo Sulawesi Tenggara. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Triangulasi yaitu teknik pengumpulan data yang sifatnya menggabungkan berbagai data dan sumber yang telah ada. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan pemecahan permasalahan penelitian. Hasil penelitian sarana dan prasarana belum tersedia di Rumah Sakit karena pengadaan alat alat kesehatan tidak sesuai dengan kebutuhan serta adanya keterlambatan pengiriman barang sehingga ada beberapa ruangan yang perlu dilakukan pembongkaran untuk memasukkan alat kesehatan tersebut, sehingga menjadi hambatan dalam pengembangan layanan unggulan. Layanan unggulan didukung dengan peralatan canggih yang bernilai kompetitif dan tidak dimiliki Rumah Sakit lainnya sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Target pasar layanan unggulan Rumah Sakit adalah memenuhi kebutuhan lokal melalui orientasi pemasaran dengan bersosialisasi di media sosial dan situs website resmi rumah sakit, serta melakukan kunjungan ke instansi Pemerintah dan swasta.
References
Aji, A. P., & Tjahjono, H. K. (2016). Pemahaman Implementasi Rencana Strategi Bisnis RS PKU Muhammadiyah Petanahan. Jurnal Medicoeticoilegal dan Manajemen Rumah Sakit, 5(2), 1.
Arisudhana, A. (2022). Analisis Proses Bisnis Rawat Inap dan Rawat Jalan Rumah Sakit Cakra Husada. Bongaya Journal of Research in Accounting (BJRA), 5(1), 94-104.
Attas, A. W. (2018). Rencana Aksi Pelayanan Berkesinambungan Rawat Jalan dalam Rangka Meningkatkan Citra RSUP Fatmawati. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 1(1).
Cristianingsih, E. (2020). Implementasi kebijakan administrasi Kependudukan di kabupaten bandung. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi, 12(2).
Elvana, Y., Hariyati, H., & Setianto, B. (2022). Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Bersaing Saat Masa Pandemi Covid-19 Pada Rumah Sakit Islam Surabaya. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(11), 5132-5147.
Hammad, H., & Ramie, A. (2022). Perkembangan Rumah Sakit di Indonesia di Era Disruptif. JKM: Jurnal Keperawatan Merdeka, 2(1), 1-8.
Hughes, M. T., & Smith, T. J. (2014). Pertumbuhan perawatan paliatif di Amerika Serikat. Annu Rev Kesehatan Masyarakat, 35(1), 459-75.
Kenedi, J., Lanin, D., & Agus, Z. (2018). Analisis Pengadaan Alat Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Padang Pariaman Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Andalas, 7, 9-16.
Kusumastiti, A. R., Harjayanti, N. D., & Hariyanti, T. (2017). Analisis Segmentasi Pasar Rumah Sakit X. JMMR (Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit), 6(2), 130-139.
Moriansyah, L. (2015). Pemasaran melalui media sosial: Antecedents dan consequences. Jurnal penelitian komunikasi dan opini publik, 19(3), 187-196.
Nugraha, N. (2024). Perancangan Kualitas Layanan Berdasarkan Perspektif Islam di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1).
Nugraha, I. M. A., Marhaendra, T. B. P., Mahardiananta, I. M. A., & Putra, P. A. M. (2021). Perawatan Peralatan Kesehatan dalam Mendukung Pelayanan Kesehatan di Puskemas Banjarangkan II Klungkung. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 5(4), 641-651.
Nurhapna, S. H. (2014). Pengaruh Perencanaan Strategis Terhadap Kinerja Di Rumah Sakit. Jurnal Adm. Kesehatan Indonesia, 2, 91-100.
Nursya, Febriyanti, Hardisman, & Semiarty, R. (2019). Analisis Segmentasi dan Penentuan Target Pasar Pelanggan Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Universitas Andalas. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(3), 650-660.
Purnamasari, I., & Kapalawi, I. (2013). Analisis Proses Manajemen Sumber Daya Manusia Di Rumah Sakit Stella Maris Makassar. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 9(2), 120-124.
Radiansyah, R. R. (2019). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Otonomi Daerah Pada Sektor Bidang Kesehatan di Kabupaten Bandung Barat. JISIPOL| Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 1-15.
Ramadhani, N., & Heliyanti, Y. (2018). Sistem Informasi Manajemen Peralatan Medis Di Rsud Dr H Slamet Martodirdjo Pamekasan. Jurnal SPIRIT, 10(2).
Rony, Noor Firmansyah & Panuju, Redi. (2018). Digital Media Hospital: Aplikasi Komunikasi Pemasaran Berbasiskan Daring. Jurnal Komunikasi Profesional, 2(2), 120-128.
Salim, A. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Negeri X Dan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Swasta Y Di Kota Pekanbaru. Jurnal STIKes Awal Bros Pekanbaru, 1(1), 38-47.
Siregar, R. A. (2024). Penerapan Permenkes Nomor 24 Tahun 2022 Tentang Rekam Medis Terhadap Efektivitas Pelayanan Kesehatan. Jurnal Ilmu Hukum Kyadiren, 5(2).
Situmorang, M., & Yenti, S. (2021). Analisis Pengembangan Rumah Sakit Harapan Jayakarta. Initium Variety Journal, 1(1), 34-41.
Sondakh, V., Lengkong, F., & Palar, N. (2022). Kualitas Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Noongan. Jurnal Administrasi Publik, 8(4), 244-253.
Vikandi, B., Laksono, S. S., & Baihakki, I. (2020). Strategi Pemasaran Rumah Sakit Di Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Study RSM Siti Khodijh Kediri. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 180-184.
Zuckerman, A. M., & Markham, C. H. (2006). Pusat keunggulan: peluang besar, keuntungan besar. Manajemen Keuangan Pelayanan Kesehatan, 60(2), 150-154.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.